Jumat, April 09, 2010

Pijat


Pernahkah Anda berjalan dengan kaki telanjang di atas hamparan batu kecil berbentuk bulat..?

Sebagian besar orang pasti sudah merasakannya, efek yang terasa pada tubuh bermacam macam. Ada yang merasakan segar pada tubuh ada juga yang merasa kesakitan yang amat sangat.

Pakar pengobatan tradisional Prof. Hembing Wijayakusuma mengatakan bahwa tekanan batu pada telapak kaki memberikan rangsangan bioelektrik pada organ tubuh yang berhubungan dengan titik syaraf telapak kaki. Rangsangan bioelektrik memperlancar aliran darah sehingga tubuh menjadi segar, sirkulasi penyaluran nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh menjadi lancar tanpa ada hambatan sedikitpun. Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma “Dalam keadan tersebut tubuh mengalami kondisi keseimbangan”.


Mendapatkan rangsangan bioelektrik yang bermanfaat, tak selalu harus dilakukan dengan bertelanjang kaki di atas hamparan bebatuan. Anda bisa memperoleh manfaat itu melalui terapi pijat refleksi kaki dengan menggunakan tangan. Atau biasa di sebut dengan pijat refleksi atau pijat system terapi zona. Dan pijat seperti ini bisa dilakukan sendiri.

Pijat memang merupakan terapi pengobatan suatu penyakit sejak jaman kuno. Dijaman sekarang pengobatan modern yang terkenal maju dan canggih tetap tidak bisa menggeser dan menghapus pengobatan tradisional, khususnya pijat.
Pijat seringkali dikatakan sebagai sebuah cara kuno yang bebas efek sampingan, sebab pijat  tidak hanya berkhasiat membuang rasa lelah dan stres, tetapi  juga dipercaya menjaga kebugaran sekaligus meningkatkan kinerja tubuh.
Sejak lama pijat digunakan sebagai salah satu cabang pengobatan tradisional dan digemari banyak orang.

Didunia ini terdapat bermacam- macam Teknik pijat diantaranya, yaitu :

Pijat Aroma Terapi, pijat ini biasanya menambahkan sari tanaman yang beraroma pada minyak pijat seperti lavender, marjoram, cananga, bergamot dll, sehingga berguna untuk mengurangi stres, santai, atau menambah energi. Pijat ini cocok untuk kondisi yang berkaitan dengan emosional dan sulit tidur.

Pijat Batu Panas, pijat ini menggunakan batu halus yang direndam pada air panas, kemudian diletakkan pada beberapa titik di badan sehingga terasa hangat. Membantu mengendurkan otot kaku serta menjaga keseimbangan pusat energi di dalam tubuh. Pijat batu panas bagus untuk orang-orang yang memiliki ketegangan otot tetapi lebih pelan pijatannya.

Pijat Bagian Belakang Tubuh, pemijatan dilakukan pada bagian belakang tubuh yaitu bagian leher belakang, punggung sampai dengan telapak kaki. Efeknya sangat nyaman sekali, leher yang kaku, badan yang pegal-pegal akan hilang.

Pijat Hamil, yaitu pijat untuk wanita-wanita yang sedang hamil (untuk pria sementara tidak disarankan), untuk mengurangi stres, menurunkan pembengkakan, nyeri dan meringankan rasa sakit, kegelisahan dan defresi selama masa kehamilan.

Pijat Olah Raga, pijat olahraga dirancang khusus untuk orang-orang yang terlibat dalam kegiatan fisik. Tetapi, anda tidak perlu menjadi seorang atlet profesional untuk satu ini. Orang-orang yang aktif bekerja dan sering keluar bias merasakan teknik pijat olahraga. Tidak fokus pada relaksasi tetapi mencegah dan merawat luka, mengendurkan otot dan meningkatkan kinerja atletik.

Pijat Otot, pijat ini untuk target yang lebih dalam dari lapisan otot dan jaringan partikel. Terapis biasanya memijat lambat dan berupa gesekan jari pada otot. Pijat ini digunakan untuk otot kaku atau nyeri otot, kejang berulang, salah postur (salah duduk, salah jongkok dll) atau pemulihan dari cedera. Biasanya setelah pijat ini orang yang dipijat akan merasakan sakit selama 1 atau 2 hari.


Pijat Refleksi, merupakan pijat di titik-titik tubuh tertentu. Pijat ini dilakukan dengan alat tangan dan benda-benda lain berupa kayu  plastik, atau karet. Praktisi pijat ini mempunyai pengetahuan tentang saraf-saraf manusia, dan masih berhubungan dengan pengobatan tusuk jarum. Umumnya pijat ini dilakukan untuk penyembuhan penyakit.

Pijat Shiatsu, pijat shiatsu adalah bentuk pijat dari Jepang yang menggunakan jari yang ditekan berirama pada urutan akupunktur meridians. Masing-masing berlangsung selama dua sampai delapan x untuk meningkatkan aliran energi dan membantu tubuh memperoleh keseimbangan. Orang biasanya senang plus terkejut ketika mereka mencoba shiatsu untuk pertama kalinya. Rasa santai dengan tekanan yang kuat, dan biasanya tidak ada rasa sakit setelah itu.

Pijat Swedia, adalah pijat yang paling umum dan terkenal di Amerika Serikat. Biasanya terapis menggunakan minyak atau lotion. Pijat Swedia bisa sangat lembut dan rileks. Jika anda tidak pernah pijat sebelumnya, anda boleh merasakan pijat ala Swedia ini.

Pijat Thailand, seperti pijat shiatsu yang memakai energi tubuh dan dengan tekanan yang lembut pada bagian tubuh tertentu. Anda yang dipijat dengan pijat ala Thailand ini, akan ikut bergerak mengikuti petunjuk terapis. Pijat Thailand sangat berguna untuk menghilangkan stress, fleksibelitas dan memperbaiki postur tubuh.

Pijat Tradisional Indonesia, pijat gabungan antara pijat shiatsu, olah raga dan Swedia. Untuk rasanya wah rileks banget dan freesss.

Masih banyak teknik dan macam pijat lainya selain yang disebutkan diatas, semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Namun semuanya merujuk untuk kepentingan kesehatan. Salah satu pijat yang khusus berhubungan dengan kesehatan bahkan dipercaya dan sudah dibuktikan secara ilmiah dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit adalah Pijat Refleksi atau Pijat Terapi Zona.
Dalam Pijat Refleksi, penentuan titik dan teknik pijat harus benar-benar tepat. Pijat refleksi sudah dikenal sekitar 6000 tahun yang lalu di Tiongkok. Namun karena saat itu masyarakatnya yang sangat tertutup, ilmu pijat refleksi ini tidak berkembang.



Pijat refleksi memiliki efektifitas sangat menakjubkan untuk pengobatan, bukan hanya melancarkan peredaran darah, tetapi juga menambah energi.
Secara mekanistis pijat refleksi memiliki kemampuan melatih saraf dan otot tubuh sehingga tubuh lebih fit dan mampu menangkal penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti pusing, pegal-pegal, dan perut mulas hingga penyakit berat seperti jantung dan kanker.

Inti terapi pijat refleksi terletak pada pengaktifan refleksi pada bagian-bagian tertentu pada tubuh, namun pada kakilah yang terbanyak daerah refleksi yang berhubungan dengan seluruh organ tubuh. Cara kerja terapi pijat refleksi kaki adalah memberikan rangsangan relaksasi pada bagian tubuh yang berhubungan dengan titik syaraf kaki yang dipijat.
Karena itu, pemahaman tentang simpul-simpul syaraf pada telapak kaki sangatlah penting. Letak titik-titik syaraf pada kaki harus diketahui dengan baik dan benar. Sedikt saja salah menekan bagian refleks yang dikehendaki akan menimbulkan efek refleksi yang lain.




Menurut Prof. Hembing, setiap organ tubuh memiliki keterhubungan dengan titik-titik syaraf yang terdapat pada telapak kaki. Organ jantung, paru-paru, lambung, dan hati memiliki titik-titik syaraf tersendiri pada telapak kaki, begitu pula bagian tubuh lainya.
Terdapat 36 titik syaraf telapak kaki yang masing-masing menghubungkan anggota tubuh lainya. Selain pemahaman terhadap simpul-simpul syaraf pada telapak kaki, keberhasilan terapi pijat refleksi kaki juga ditentukan oleh teknik pemijatan.
Ada berbagai macam cara memijat titik-titik syaraf telapak kaki, diantaranya seperti yang terlihat digambar-gambar berikut :


 











Penekanan bisa dilakukan dengan memusatkan titik tekan jari pada perut  jari bagian ujung hingga penekanan tersebut terasa sakit pada daerah yang mendapat tekanan atau pijatan.
Pengetahuan tentang titik syaraf telapak kaki dan teknik pemijatan yang benar ternyata belum cukup dijadikan jaminan keberhasilan dalam melakukan terapi ini. Ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan. Kondisi ruang terapi harus diperhatikan, sebaiknya dilakukan di ruang yang bersih, nyaman, tenang, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Kondisi tersebut dapat membantu pasien menjadi lebih tenang dan nyaman.

Selain itu, waktu pemberian terapi juga harus diperhatikan yaitu sekitar 30 menit, dengan frekuensi 3-6 hari sekali untuk mencegah penyakit, dan 2-3 hari sekali untuk mengatasi gangguan penyakit. Kondisi telapak kaki pasien tidak dalam keadan luka.
Harus pula diingat, terapi pijat refleksi kaki mesti dilakukan secara menyeluruh. Artinya, pemijatan tidak hanya pada satu titik syaraf telapak kaki tertentu saja. Proses penanganan kasus telinga berdenging misalnya, tidak hanya menekan titik syaraf kaki yang berhubungan dengan telinga. Pemijatan titik syaraf telapak kaki yang berhubungan dengan organ kepala, ginjal, dan kelenjar getah bening juga mesti dilakukan. ”Semua organ itu berkaitan dengan organ telinga,” kata Hembing.
Manfaat dari pijat refleksi ini adalah dapat mengatasi hampir semua penyakit memperlancar peredaran darah, menyehatkan otot, membuang racun, dan membebaskan energi yang terperangkap akibat otot yang terganggu. Pijat refleksi selalu dilakukan pada titik-titik saraf yang berhubungan dengan organ-organ.
Apakah terapi ini memiliki efek samping ?
Ditegaskan oleh Prof. Hembing Wijayakesuma, terapi ini tidak memiliki efek samping selama dilakukan secara baik dan sesuai petunjuk. Reaksi yang mungkin timbul pada waktu dilakukan pijatan refleksi akan terasa sakit bilamana organ yang ada hubungannya dengan titik refleksi tersebut sedang mengalami gangguan atau sedang sakit.
Saat zaman yang serba megah dan mewah, pijat refleksi kembali tampil. Contoh di mal-mal besar di salah satu sudut terdapat pijat refleksi. Bahkan di kalangan sibuk seperti para artis, refleksi masih dipilih untuk menurunkan stres atau mengusir kepenatan.
Usaha membuka praktek pijat memang salah satu usaha yang mudah di Indonesia. Jika pemerintah tidak memberikan persyaratan yang tegas, kualitas pijat semakin buruk.
Sehingga pengertian pijat sudah bukan lagi pengobatan, tetapi berganti menjadi tempat prostitusi terselubung. Ini sangat berbahaya.
Pijat, bila dikerjakan oleh seorang terapis yang memiliki ketrampilan yang baik dan teknik memijat dengan benar, dapat menjadi alternatif pengobatan yang baik dan hemat biaya.
Rasanya tidak berlebihan jika pijat harus dijaga keasliannya. Menjaga keaslian pijat refleksi adalah dengan cara, " Bila Anda diterapi, pilihlah seorang terapis yang memahami anatomi dan kelemahan Anda. Jadi, setelah selesai refleksi tubuh Anda menjadi fit dan segar ".

Dr..Republika, inilah.com, wikipedia dll..